Senin, 07 Mei 2012

Tips Sukses Mengatur Waktu Belajar





Sukses Mengatur Waktu Belajar

 Membuat Jadwal Pelajaran
Membuat jadwal pelajaran tidak harus berbelit-belit. Karena, pembuatan jadwal pelajaran yang terlalu padat juga pada akhirnya akan berakibat kurang baik kepada anda. Cukup yang sederhana saja. Semakin sederhana semakin baik. Satu hal yang harus kalian perhatikan adalah kekonsistenan anda dalam menjalaninya. Apa artinya jadwal padat tetapi anda sendiri tidak mampu untuk menjalaninya sesuai dengan waktu yang tertulis.

Bagaimanakah pembuatan jadwal pelajaran yang baik?

Cara pembuatan jadwal yang baik sebaiknya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Perhitungkan setiap kegiatan anda sehari-harinya. Misalnya, makan, tidur, belajar, istirahat, dll
  2. Pelajari kegiatan anda setiap harinya kemudian tentukan dan rancanglah kegiatan anda sesuai dengan waktu yang ada dengan mempertimbangkan waktu-waktu emas/efisien anda. Pastikan pembagian waktu tersebut efisien. Misalnya, apabila otak anda TIDAK siap menerima pelajaran pada malam hari, jangan masukkan belajar pada malam hari. Inilah sebabnya mengapa anda harus mempelajari waktu-waktu efisien anda.
  3. Lakukan penghematan terhadap waktu. Gunakan seperlunya saja.
Dengan memperhatikan ketiga aspek diatas, waktu anda akan terbagi dengan jelas. Cara lain untuk membuat jadwal belajar adalah sebagai berikut:
Seperti yang kita ketahui, setiap manusia memiliki waktu 24 jam perhari. 24 jam inilah yang akan kita bagi menjadi:
  • Tidur/istirahat                                   :   8 Jam
  • Makan, Mandi dan Olahraga            :   3 Jam
  • Urusan pribadi dan lain-lain              :   2 Jam
  • Belajar                                             :   11 Jam
Waktu belajar 11 jam disini dibagi menjadi beberapa bagian lagi. 7 Jam belajar disekolah, kemudian 4 jam untuk belajar di rumah atau diperpustakaan. Selanjutnya, tentukan jadwal belajar anda untuk mata pelajaran yang akan anda pelajari setiap harinya dirumah. Misalnya, hari senin matematika, bahasa inggris, fisika.

Ketika anda akan belajar, perhatikanlah suasana hati anda. Sebisa mungkin, penuhi kebutuhan jangka pendek anda sebelum belajar. Kebutuhan jangka pendek yang dimaksudkan misalnya, ingin makan snack, ingin minum cola, dsb. Hal ini sebaiknya diperhatikan agar kebutuhan jangka pendek anda tidak akan mengganggu pikiran anda ketika belajar.

 Guy Montrose Whipple dalam bukunya How to Study Effectively mengemukakan bahwa:
  • Semakin dewasa dan matang seorang siswa/mahasiswa, seharusnya semakin lama pulalah mereka menghabiskan waktu untuk belajar.
  • Semakin sukar suatu mata pelajaran, semakin panjang waktu pelajar itu seharusnya dapat mempelajarinya pada waktu tertentu.
  • Semakin lambat masa penghangatan yang timbul pada diri seorang pelajar dalam mempelajari suatu mata pelajaran, semakin lama ia harus mempelajarinya.


belajar merupakan proses yang menguras banyak energi. Sebaiknya, setiap 30 menit - 60 menit belajar, hendaklah diselingi 10 menit - 15 menit untuk istirahat/penyegaran otak, karena jika anda belajar terus, otak anda akan panas dan tentunya hasilnya bukannya malah semakin banyak pengetahuan anda, malah sebaliknya. Waktu 10 - 15 menit itu dapat anda gunakan untuk berjalan-jalan disekitar rumah, memandang langit, minum teh hangat, atau berbincang-bincang seadanya dengan orang sekitar. tetapi ingat, jangan sampai mengahbiskan banyak waktu untuk istirahat (pendinginan otak), hal ini dilakukan untuk menjaga materi dikepala anda agar tidak lupa/hilang.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar